Kelanakids.com menawarkan berbagai materi pendidikan untuk anak-anak, termasuk mainan edukatif, worksheet, dan printable dalam format fisik maupun digital. Produk-produk ini sangat cocok untuk kegiatan homeschooling, belajar mandiri, atau pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini, PAUD, hingga TK yang berusia 2-7 tahun. Kunjungi toko kami di sini untuk mengetahui lebih banyak tentang produk kami.

Apa Pentingnya Mengapresiasi Anak? Ayah Bunda Harus Tahu!

Apa sih pentingnya mengapresiasi anak? Ayah Bunda harus tahu nih! Berikut penjelasan dari Kelanakids.com.

Halo Ayah Bundaa Ketemu lagi kitaa, kali ini gimana nih kabarnya ayah bunda?

Gimana juga kabar toddlers dirumah? Udah mulai rewel belum belajarnya?

Atau si kecil udah mulai terbiasa dan beradaptasi dengan sistem belajar yang seperti ini?

semoga ayah bunda dan adik bisa bekerjasama untuk selalu belajar dari satu sama lain ya.

Tahu ga sih ayah bunda, Anak akan tumbuh dan berkembang berdasarkan bagaimana pendidikan dan tuntutan orang tua serta lingkungan dimana tempat anak berkembang.

Sehingga potensi yang ada pada setiap anak akan memiliki perkembangan yang berbeda.

Bukan lagi sebuah rahasia bahawasanya lingkungan anak dalam bertumbuh memiliki pengaruh yang besar dalam membentuk karakter dan prestasi anak dimasa mendatang.

Sehingga bagaimana lingkungan anak harus diarahkan agar memberikan gambaran bagaimana arah yang akan anak harapkan dan sebagai gambaran dimasa yang akan datang.

Bisa Meningkatkan Kepercayaan Diri Anak!

Salah satu karakter yang penting banget didukung sejak dini dalam kepercayaan diri anak.

Kepercayaan diri merupakan hal yang amat penting yang harus dimiliki oleh setiap anak.

Kepercayaan diri anak merupakan hal pokok yang harus ada dan terpenuhi pada setiap diri sejak dini.

Anak usia dini merupakan umur dimana anak berada pada usia emasnya yang potensi diri pada mereka akan berkembang cepat jika adanya dorongan yang tepat pada anak usia dini.

Apa Pentingnya Mengapresiasi Anak? Ayah Bunda Harus Tahu!

Menumbuhkan kepercayaan diri yang kuat pada seorang anak, maka dibutuhkan kerjasama yang baik antara kedua orang tua.

Orang tua memiliki andil yang sangat penting, karena setiap perkembangan yang terjadi anak akan melihat dan secara tidak sadar.

Mencontoh apa yang selama ini ada disekitarnya, maka orang tua sebagai sosok terdekat bagi anak, harus bisa memberi contoh dan memiliki referensi dalam kehidupan yang tepat.

Namun fakta dilapangan menjelaskan masih banyak orang tua yang menganggap remeh kepercayaan diri anak dengan bukti kurangnya apresiasi yang dihadirkan oleh orang tua.

Salah satu contoh kasusnya dibuktikan pada penelitian Fadlani (2021) yang mensurvei Orang tua di Desa Petaling Banjar yang masih menganggap hal yang dilakukan anak-anak merupakan hal yang biasa.

Sehingga potensi dan bakat yang dimiliki anak usia dini tidak tersalurkan dengan baik, yang menyebabkan kurangnya rasa percaya diri dalam menunjukkan potensi yang ada dalam dirinya.

Dari penjelasan diatas jelas bahwa peran orang tua memiliki kedudukan yang penting dalam menumbuhkan kepercayaan diri anak.

Beli produk worksheet untuk anak Kelanakids di Shopee : https://shopee.co.id/660-Worksheet-Aktivitas-Anak-Usia-2-3-4-5-6-Tahun-TK-PAUD-PRESCHOOL-LEARNING-Printable-Lembar-Kerja-Tema-Belajar-Mainan-Edukatif-(-File-PDF-)-i.10552614.10951478919

Manfaat Berikan Apresiasi Pada Anak

Memberikan Apresiasi Setiap hal-hal yang dilakukan oleh anak, walaupun itu merupakan hal yang kecil maka orang tua selayaknya bisa memberikan apresiasi agar anak merasa ada yang memperhatikan dan mempedulikannya.

Seorang anak akan melakukan hal yang lebih besar saat apa yang anak tersebut lakukan dihargai, khususnya dihargai oleh orang-orang terdekat, seperti orang tua.

Apresiasi yang bisa diberikan oleh orang tua bukan hanya sekedar materi saja akan tetapi secara moril juga harus diperhatikan, seperti apresiasi dalam bentuk pujian.

Apresiasi yang diberikan oleh orang tua dalam bentuk pujian juga harus di pilih-pilih jangan sampai anak sudah tidak ada rasa lagi saat diapresiasi.

Selain itu apresiasi terhadap anak memiliki berbagai manfaat bagi tumbuh kembang anak diantaranya,

  1. Meningkatkan rasa percaya diri dan harga diri anak.
  2. Meningkatkan motivasi di dalam diri anak, antara lain motivasi untuk belajar.
  3. Meningkatkan ketekunan dan keterlibatan anak-anak.
  4. Menurunkan kecemasan dan mengurangi risiko depresi pada anak.

Namun pujian hanya akan bermanfaat bagi anak bila disampaikan dengan cara yang tepat ya bun.

TIps Cara Mengapresiasi Anak Yang Baik Dan Benar

Karena jika apresiasi yang kita sampaikan itu asal asalan anak juga tidak belajar menghargai, nah berikut tips bagaimana cara untuk mengapresiasi anak;

  1. Tatap mata si kecil. Lakukan dengan penuh kasih sayang, ada kontak mata, upayakan wajah mommies sejajar dengan wajah si kecil.
  2. Gunakan bahasa sesuai dengan tahap perkembangan anak. Misalnya, ketika si kecil yang berusia 2 tahun bertekad untuk mengenakan kaus kakinya sendiri tetapi belum berhasil, katakan: “Adek sudah berusaha keras untuk memakai kaus kaki itu. Mama bisa memberi tahu caranya, nanti kamu bisa coba pakai sepatumu sendiri, ya. Namun, kalimat pujian semacam ini sudah nggak perlu dikatakan kepada anak usia 5 tahun, sebab sudah sepatutnya mereka mampu melakukannya.
  3. Fokus pada proses, bukan hasil. Penting bagi orang tua untuk fokus pada prosesnya daripada hasilnya. Misalnya, jika anak suka membantu mommies mencuci piring tapi malah bikin becek, katakan: “Mama tahu masih sulit bagimu mencuci piring tanpa menyiprat ke-mana-mana, tapi mama senang kamu mencobanya. Tak apa membiarkan mereka gagal. Itu membuat mereka belajar menyelesaikan tugas tanpa bantuan orang dewasa.
  4. Tak perlu menunggu anak meraih prestasi besar. Perubahan-perubahan kecil pada anak yang mereka lakukan dengan upaya penuh juga patut dihargai.
  5. Hindari memuji berlebihan. Berikan pujian dengan spesifik “.“kombinasi warna yang kamu pilih membuat gamarmu lebih indah. Ini memberi anak gambaran mengapa dia layak dipuji.

Semoga bermanfaat bunda ❤

Sumber :

Fadhlani, N. (2021). Peran Orang Tua Dalam Menumbuhkan Kepercayaan Diri Anak Usia Dini. Tarbawy: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 47-54.

Leave a Comment