Manfaat Kegiatan Menggunting Untuk Melatih Perkembangan Fisik Motorik Anak

Apakah kegiatan menggunting bisa untuk melatih perkembangan fisik dan motorik anak?

Halo ayah bunda, gimana kabarnya? Semoga sehat selalu yah.

Masih seputar pendidikan anak usia dini nih, jangan cape cape deh bertumbuh bersama si kecil.

Karena melalui pendidikan baik anak maupun orang tu akan sama sama belajar menjadi pribadi yang lebih baik lagi, sih.

Pendidikan sendiri sering diartikan sebagai usaha manusia untuk membina kepribadian sesuai dengan nilai-nilai di dalam masyarakat dan kebudayaan.

Pendidikan tidak hanya dipandang sebagai usaha pemberian informasi dan pembentukan keterampilan saja, namun mencakup usaha untuk mewujudkan keinginan, kebutuhan dan kemampuan individu sehingga tercapai pola hidup pribadi dan sosial yang memuaskan (Ihsan, 2003).

Pembentukan nilai nilai kehidupan perlu distimulasi sejak awal kehidupan bahkan sejak dalam kandungan.

Stimulasi yang tepat akan memaksimalkan aspek-aspek perkembangan dalam diri anak.

So…. pendidikan pada anak usia dini adalah suatu hal yang penting.

Pendidikan anak usia dini dapat diterapkan melalui pembelajaran stimulasi (rangsangan) atau memberikan kebebasan anak untuk melakukan eksplorasi sehingga anak menemukan pengalaman yang maksimal demi tercapainya optimalisasi tumbuh kembang anak sesuai dengan nilai-nilai agama dan norma serta harapan masyarakat (Dacholfany dan Uswatun, 2018).

Kali ini kita akan bahas mengenai aktivitas anak saat belajar yang bisa merangsang sistem motoriknya.

Kegiatan yang sederhana dan menyenangkan seperti menggunting, menyusun, memasangkan, membentuk plastisin itu bisa melatih daya rangsang motorik anak.

Sebelumnya nih ayah bunda perlu tahu dulu terkait pentingnya melatih rangsangan motorik bagi anak. Aspek motorik terdiri atas motorik halus dan motorik kasar.

Aspek keterampilan motorik halus penting untuk dilatihkan kepada anak dikarenakan, keterampilan motorik halus merupakan kemampuan anak untuk menggunakan otot – otot kecil pada organ motorik seperti jari tangan, jari kaki, gerak mata dll.

Motorik halus harus dikembangkan agar anak mampu menggunakan anggota badan untuk melakukan gerakan halus yang terkontrol sehingga keterampilan itu dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Kegiatan yang paling menarik untuk diterapkan dalam rangka melatihkan kemampuan motorik halus anak adalah kegiatan menggunting.

Melalui kegiatan menggunting anak akan belajar melakukan koordinasi mata dan tangan.

Kegiatan menggunting ini bisa untuk melatih perkembangan fisik dan motorik anak ya Ayah bunda!

Klik untuk membeli Printable Aktivitas Seri Menggunting Diatas

Selain itu, kegiatan menggunting akan membantu anak melatih kemampuan dalam memusatkan perhatian, belajar memahami sabar, serta melatih anak untuk mengenal dan mengatur emosi yang dimilikinya.

Pentingnya melatihkan kemampuan motorik halus pada anak juga dibuktikan melalui penelitian yang dilakukan oleh Nurjani (2019).

Penelitian ini menjelaskan tentang peengembangan motorik halus melalui kegiatan menggunting pada anak usia dini di kelompok B TK YBA’45 Kecamatan Tarogong Kidul Kabupaten Garut.

Penelitian dilakukan dengan melakukan uji tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus.

Setelah dilakukan proses observasi – evaluasi, hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan kriteria kurang baik dengan nilai rata-rata pengembangan motorik halus sebesar 46.65%.

Hasil penelitian pada Siklus I menunjukan adanya peningkatan kemampuan motorik setelah dilakukan pelatihan menggunting dengan peningkatan nilai rata-rata pengembangan motorik halus Tarogong Kidul sebesar 24.5%, dengan hasil akhir dari pencapaian pada siklus II dengan nilai rata-rata pengembangan motorik halus sebesar kriteria 87.8%.

Sedangkan untuk motorik kasar merupakan kemampuan anak dalam mengolah otot besar untuk mengubah posisi tubuh seperti berjalan, berlari, meloncat, lompat (Maganti, 2015).

Gerakan motorik kasar yang dilakukan oleh anak akan melatih keseimbangan koordinasi sebagian besar bagian tubuh anak.

Oleh karena itu biasanya memerlukan tenaga karena dilakukan oleh otot-otot yang lebih besar.

Unsur keterampilan yang dapat melatihkan keterampilan motorik kasar hendaknya mengandung unsur kekuatan, koordinasi, kecepatan, keseimbangan dan kelincahan merupakan.

Setiap unsur ini dipastikan ada dalam melatih perkembangan motorik kasar bagi anak.

Maka dari itu, tugas guru dan orang tua untuk memaksimalkan setiap unsur motorik kasar tersebut agar dapat mendukung perkembangan motorik yang sempurna.

Gimana nih bun, apa masih takut melatihkan keterampilan menggunting pada anak? Takut anak tidak sabar? Atau ayah bundanya nih yang ngga sabar? Xixixi

Kuncinya adalah telaten ya kalau kata orang jawa. Dampingi anak anak dalam mengoperasikan gunting, juga biarkan anak mempelajarinya secara bertahap.

Peabody Development Motor Scales menjelaskan bahwa tahapan belajar menggunting pada anak usia 2 tahun dapat melakukan gerakan buka dan tutup gunting.

Selanjutnya anak usia 2,5 tahun dapat menggunting sepanjang 15 cm.

Pada usia 3, 5 tahun anak dapat menggunting garis 15 cm serta pada usia 4 tahun anak dapat menggunting bentuk lingkaran (Folio, 2000).

Bentuk gunting mempengaruhi anak dalam belajar memegang gunting. Bentuk gunting yang baik untuk anak adalah gunting yang didesign oleh Fiskar.

Gunting ideal 4-5 tahun yaitu pegangan pada gunting memiliki ukuran lubang yang berbeda dimana lubang yang atas lebih kecil dibandingkan lubang yang bawah.

Lubang yang atas menjadi tempat untuk ibu jari dan lubang yang bawah menjadi posisi untuk jari tengah, jari manis, jari kelingking dan jari telunjuk ( penahan diluar lubang) (Nafisah, 2018).

Agar anak anak bisa belajar dengan betah, dan ayah bunda nggak kewalahan dalam menyiapkan bahan belajarnya, mimin ada solusinya nihh

Please welcome, Kelanakids.com!

Kelanakids.com adalah situs yang menyediakan media belajar anak-anak dalam bentuk worksheet dan printable anak baik fisik maupun digital.

Konsep printable worksheet dari kelana diharapkan bisa jadi solusi ayah bunda untuk memanfaatkan worksheet dengan praktis dan efisien bagi pendamping belajar anak, tapi juga menarik dan menyenangkan buat anak!

Dan dan paling kerennya lagi nih, KelanaKids.com kini merilis Seri Printable Aktivitas Menggunting! , dengan menggunting anak bisa belajar untuk mengontrol kelima jari, mengontrol kekuatan tangannya ketika menekan serta belajar mengkoordinasi gerakan tangan dan matanya.

Didalam paket seri Menggunting dan Menempel ini terdapat 35 lembar dengan beragam tema kegiatan diantaranya:

  • Memotong cake
  • Memotong rambut
  • Memotong dan menempel pizza
  • Menempel puzzle sayur
  • Memotong puzzle buah
  • Mencocokkan wajah aneka hewan
  • Melengkapi siklus hidup ayam
  • Menemukan huruf depan nama hewan
  • Menghitung putik bunga
  • Menggunting dan menempel puzzle tubuh
  • Memotong & mengurutkan gambar
  • Mencocokkan bentuk
  • Mencocokkan ice cream
  • Menghitung mata moster
  • Farm puzzle
  • Mencocokkan habitat dan warna hewan,
  • Mengenal profesi
  • Memotong pelangi
  • dsb

Printable worksheet yang bisa diunduh secara digital juga disiapkan dengan desain yang ciyamik dan bervariasi. Sehingga anak tidak mudah bosan, dan ayah bunda pun tenang!

Dapatkan Link Pembelian Printable Aktivitas Seri Menggunting disini. Jangan lupa juga untuk follow akun instagram @kelana.kids ya!

Referensi :

  1. Dacholfany, Ihsan & Uswatun Hasanah. (2018). Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Konsep Islam . Jakarta: AMZAH.
  2. Folio M, RR F. (2000).Peabody Developmental Motor Scales, (PDMS-2). 5th e.Los Angeles: Western Psychological Service
  3. Ihsan, Fuad. (2003). Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
  4. Nurjani, Y. Y. (2019). Upaya Mengembangkan Motorik Halus Anak Usia Dini Melalui Kegiatan Menggunting. Journal of SPORT (Sport, Physical Education, Organization, Recreation, and Training), 3(2), 85-92.
  5. Nafisa. 2018. Pengaruh Tahapan Menggunting Terhadap Kemampuan Motorik Halus Anak Kelompok A Di Tk Dharma Wanita Persatuan Randuagung Gresik. Vol.7, No.3.
  6. Sarina., Muhammad Ali., & Halida. (2017). Peningkatan Kemampuan Motorik Halus Melalui Kegiatan Menggunting Dan Menempel Pada Anak Usia 4-5 Tahun Di Paud Aisyiyah 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Untan, 6(11).

Leave a Comment