Kelanakids.com menawarkan berbagai materi pendidikan untuk anak-anak, termasuk mainan edukatif, worksheet, dan printable dalam format fisik maupun digital. Produk-produk ini sangat cocok untuk kegiatan homeschooling, belajar mandiri, atau pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini, PAUD, hingga TK yang berusia 2-7 tahun. Kunjungi toko kami di sini untuk mengetahui lebih banyak tentang produk kami.

5 Kemampuan Ini Harus Dikuasai Anak Sebelum Belajar Membaca

Membaca merupakan kebutuhan dasar setiap manusia dalam belajar. Anak usia dini perlu belajar untuk mengenali segala sesuatunya melalui membaca Tap sebelum itu, ayah bunda perlu tahu, kapan tepatnya anak belajar membaca.. Dan apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mulai membaca.

Mengetahui periode kesiapan anak untuk belajar membaca sangat penting untuk dilakukan, pasalnya menurut teori perkembangan anak oleh  Jean Piaget pada usia dini anak belum mencapai fase operasional konkret, sehingga sel otak anak usia dibawah 7 tahun belum seluruhnya terhubung secara sempurna, sehingga dapat menghambat fase bermain anak dan periode emas anak (Dahar.1989).

Maka dari itu disarankan agar orang tua dan guru tidak memaksakan mengajari baca tulis berhitung ( Calistung ) secara tidak terkonsep sebelum usia anak genap 7 tahun, tetapi seharusnya hanya sekedar mengenalkan Calistung maka dapat diterapkan melalui perkenalan huruf, angka dengan konsep yang sederhana dan secara bertahap melalui bermain.

Memahami perkembangan dan kesiapan anak untuk membaca juga dijabarkan oleh penelitian Pratiwi (2019). Persiapan membaca Calistung yang terburu-buru dan tidak sesuai dengan dunianya akan meningkatkan resiko gangguan pengendalian emosi, strees, depresi dan gangguan perilaku lainnya pada masa usia selanjutnya.

Maka pembelajaran pengenalan pra membaca harus dilakukan dan  tidak dipaksakan.

Kegiatan persiapan membaca yang dilakukan dapat berupa kegiatan pengenalan huruf, angka dengan konsep yang sederhana, secara bertahap melalui bermain, dan pembelajaran yang menyenangkan bagi anak.

Berikut 5 Kemampuan Yang Harus Dikuasai Anak Sebelum Belajar Membaca

Berikut 5 Kemampuan Yang Harus Dikuasai Anak Sebelum Belajar Membaca

Nah…Kali ini kita akan bahas 5 kemampuan yang harus dimiliki anak sebelum belajar membaca, Let’s go !

Pengetahuan Huruf

Pengenalan mengenai huruf dapat dilakukan kepada anak usia dini. Latih anak dengan cara yang menyenangkan, seperti cara bernyanyi, mendeskripsikan bentuk huruf, atau bahkan berlatih menggunakan worksheet yang sudah disesuaikan dengan permainan anak usia dini.

Mengetahui karakteristik huruf dilakukan agar anak bisa mengingat dan mengenali keseluruhan bentuk huruf sebagai bekal untuk perangkaian pada jenjang pembelajaran selanjutnya.

Kemampuan Bahasa Oral

kemampuan bahasa oral adalah bisa memahami komunikasi lisan dan bisa berbicara dengan jelas untuk berkomunikasi dengan orang lain, sehingga dalam hal ini anak dilibatkan dalam pendalaman karakter huruf dalam penggunaannya.

Melalui latihan oral anak juga dapat belajar untuk mempraktikan pelafalan sehingga memberikan pengalaman anak untuk mempelajari rangkaian huruf yang disusun menjadi kata saat belajar membaca nantinya.

Kesadaran Fonologis

Beberapa kemampuan yang mendukung kesadaran fonologis diantaranya adalah:Membuat rima, seperti cantik, batik, titik atau satu, batu, kartu.

Atau dapat melakukan Aliterasi atau tongue twister, seperti mengucapkan satu sate tujuh tusuk atau satu ribu dua biru tiga ribu empat ribu secara cepat.

Selain untuk melatih fleksibilitas otot lidah, hal ini dapat memberikan kesan menyenangkan bagi anak untuk bermain sambil belajar.

Anak juga diajak untuk berlatih mengucapkan kata panjang dengan memecah suku katanya, sembari mengucapkan beberapa kata anak juga belajar mengetahui ciri dan warna suara di awal dan akhir kata.

Sehingga anak bisa belajar untuk mengenali suara individual setiap huruf dalam suatu kata.

Kemampuan Naratif

Westminster Public Library menjelaskan bahwa kemampuan naratif adalah kemampuan untuk mendeskripsikan suatu hal atau peristiwa serta memahami isi cerita.

Melatihkan kemampuan ini dapat dilakukan dengan mengajak anak untuk bercerita, berkomunikasi.

Selain untuk melatih anak agar memiliki kemampuan naratif, hal itu juga dapat membuat anak berlatih berpikir terstruktur, karena anak belajar merangkai sebuah narasi.

Dukungan, apresiasi sekecil apapun jangan lupa diberikan ya, hal ini agar anak merasa berharga dan bersemangat untuk belajar lebih banyak kedepannya.

Kemampuan Menggunakan Buku

kemampuan untuk menggunakan buku berarti kemampuan untuk  memegang buku, membuka halaman, membaca dari kiri ke kanan, serta tahu cara mengikuti kata dalam buku saat membaca.

Hal ini bertujuan agar anak lebih adaptif dalam menggunakan buku, layouting dan cara membaca menggunakan buku nantinya.

Tentunya hal hal tersebut harus disesuaikan dengan kebutuhan, ketersediaan media dan tenaga, serta lingkungan yang suportif ya bun.

Selayaknya seluruh manusia, anak juga memerlukan waktu untuk berprogres.. Jadi ayah bunda jangan cape cape belajar memahami tumbuh kembang anak ya.

Ajari Anak Belajar Pra-Membaca? Gunakan Produk Worksheet Anak Dari Kelanakids.Com

Ajari Anak Belajar Pra-Membaca? Gunakan Produk Worksheet Anak Dari Kelanakids.Com

Nah untuk mempermudah pelatihan kegiatan pra membaca untuk anak, kita mau rekomendasiin nih salah satu Produk Learning Sheet Belajar Membaca dari kelana kids. Com

Produk KelanaKids kini hadir dengan serial Seri Toddler Worksheet (Worksheet Pertamaku) Mulai Usia 2 Tahun – 5 Tahun.

Ayah Bunda perlu memahami bahwa terdapat perbedaan kemampuan perkembangan anak sesuai dengan kategori rentang usianya.

Gimana Cocok banget kan buat Si Kecil yang sedang berada pada jenjang PAUD?

Rentang usia perkembangan anak pada usia  play group (2-3) tahun memiliki karakteristik sangat aktif mengeksplorasi benda-benda yang ada di sekitarnya.

Kekuatan anak pada fase rentang usia ini  meliputi kegiatan observasi yang tajam dan keinginan belajar yang luar biasa.

Kegiatan eksplorasi yang dilakukan kan kan oleh anak dapat berupa benda,  mengenal kemampuan berbahasa, berbicara, dan  mengembangkan emosi.

Perkembangan emosi anak sangat dipengaruhi dari lingkungan.

Produk KelanaKids kini hadir dengan seri Toddler Worksheet ( Worksheet Pertamaku ) Mulai Usia 2 Tahun – 3 Tahun dengan menghadirkan fitur yang bisa mensupport berbagai kegiatan belajar seperti belajar menulis juga loh!.

Produk worksheet dan printable anak KelanaKids tersedia dalam bentuk produk fisik dan juga produk digital yang bisa dicetak berkali-kali untuk penggunaan pribadi. Lebih hemat, dan murah!

Klik untuk membeli Serial Worksheet Pertamaku Mulai Usia 2 Tahun

 Klik untuk membeli Serial Worksheet Pertamaku Mulai Usia 3 Tahun

Tunggu apalagi ? Dapatkan Worksheet Terbaik Untuk belajar pra-membaca disini Ya !

Produk Kelanakids.com juga bisa dibeli di toko Shopee disini : https://shopee.co.id/660-Worksheet-Aktivitas-Anak-Usia-2-3-4-5-6-Tahun-TK-PAUD-PRESCHOOL-LEARNING-Printable-Lembar-Kerja-Tema-Belajar-Mainan-Edukatif-(-File-PDF-)-i.10552614.10951478919

Rujukan :

Pratiwi, E. (2019, June). Pembelajaran calistung bagi anak usia dini antara manfaat akademik dan resiko menghambat kecerdasan mental anak. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 278-283).

Leave a Comment