8 Tips Memilih Sekolah Bagi Anak Untuk Ayah Bunda

Haloo ayah bunda, gimana kabarnyaa ? semoga sehat selalu yaaa. Kali ini kita bakalan bahas soal tips memilih sekolah untuk si kecil yang sudah siap sekolah!

Beberapa orangtua pasti kebingungan ketika akan menyekolahkan anak, terlebih sekolah untuk anak usia dini ( PAUD ).

Gapapa bun, yah.. ini merupakan proses  yang sangat wajar terjadi, karena  orangtua tentunya menginginkan pendidikan yang terbaik untuk si Kecil.

Sehingga tidak ingin sampai salah memilih.

Saat ini sudah banyak pendidikan pra sekolah atau Taman Kanak-kanak yang berdiri dengan beragam sistem pendidikan tertentu.

Pembelajaran juga merupakan sebuah usaha untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pemahaman, dengan melibatkan peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya agar memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan oleh dirinya maupun masyarakat.

Pendidikan diselenggarakan pada beberapa jenjang dan jenis, salah satunya adalah pendidikan taman kanak-kanak ( TK ).

Menurut Sistem Pendidikan Nasional Pasal 1 angka 14  dalam Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 menyatakan bahwa Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan sebuah lembaga yang di upayakan untuk membina anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan secara maksimal.

Pembelajaran yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani.

Hal ini dilakukan agar anak memiliki kesiapan serta karakter ketika memasuki jenajng pendidikan lebih lanjut.

Penyelenggaraan PAUD terdiri dari kelompok pendidikan formal dan non formal.

PAUD adalah kelompok pendidikan formal berbentuk Taman KanakKanak (TK)/Raudhatul Atfal (RA) dan bentuk lain yang sederajat, yang menggunakan program untuk anak usia 4 – ≤ 6 tahun.

Sedangkan penyelenggaraan PAUD jalur pendidikan nonformal berbentuk Taman Penitipan Anak (TPA) dan bentuk lain yang sederajat, yang menggunakan program untuk anak usia 0 – 2 tahun.

Hasil penelitian Bingkish dkk (2013)  menunjukkan bahwa terdapat tujuh faktor yang memengaruhi orang tua dalam memilih TK bagi anak.

Faktor-faktor tersebut adalah latar belakang sosial ekonomi orang tua, lokasi, latar belakang guru, status sekolah, lingkungan, keadaan sekolah, dan faktor biaya.

Ketujuh faktor ini mampu menerangkan keragaman data sebesar 63.304%.

Faktor yang dominan memengaruhi keputusan orang tua dalam memilih TK adalah faktor latar belakang sosial ekonomi orang tua yaitu sebesar 15.303%, faktor kedua adalah faktor lokasi suatu TK yaitu sebesar 12.265%, faktor ketiga adalah faktor latar belakang guru yaitu sebesar 11.629%, status sekolah sebesar 7.046%, limgkungan sebesar 6.397%, keadaan sekolah sebesar 5.847%, dan faktor biaya sebesar 4.817%.

Haduh haduh banyak banget ya bun..

Memilih sekolah itu gampang gampang susah ya bun, kita harus tau beberapa pertimbangan mengenai cara memilih sekolah.

Namun, semakin ada banyaknya pilihan justru bisa menjadi orang tua semakin bingung.

Biar gak makin pusing.

Berikut 8 tips bisa bunda ingat dalam memilih sekolah untuk si kecil

8 Tips Memilih Sekolah Bagi Anak Untuk Ayah Bunda

Apa saja?

  1. Pahami Tujuan Pendidikan

Pendidikan merupakan salah satu hal krusial dan penting dalam kemajuan sebuah bangsa.

Berdasarkan Tujuan pendidikan yang dicantumkan dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik  Indonesia Tahun 1945 Pasal 31 ayat (3) menjelaskan bahwasanya dalam upaya pemerintah untuk memajukan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan menjunjung tinggi nilai-nilai agama dan persatuan bangsa untuk memajukan peradaban serta esejahteraan umat manusia.

Sehingga pencapaian dalam tujuan pendidikan  tidak lepas dari proses belajar yang merupakan sebuah proses usaha yang dilakukan individu untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan.

Jika sudah memahami betul bagaimana serta apa tujuan pendidikan yang dimiliki, hal ini dapat mempermudah orang tua ntuk dapat memilih sekolah bagi si kecil

  1. Melibatkan Anak

Menerima pendapat anak tentang sekolah yang akan dipilih, sehingga ia merasa mmeiliki andil dalam masa depannya.

Melibatkan anak dalam  memilih sekolahnya juga bagian dari pelatihan kepada anak untuk menentukan pilihan, sekaligus membangun rasa percaya dirinya.

Cara untuk membuat anak mau memilih bisa dilakukan dengan mengajak bicara tentang hal yang disukai dan tidak disukai, atau preferensi belajar dan media belajar seperti worksheet untuk anak misalnya.

Mendengarkan perasaan anak mengenai memilih sekolah juga bagian dari memberi ruang anak untuk berekspresi dan tentunya dapat memberi rasa aman dan nyaman bagi anak bersekolah.

  1. Memiliki Kurikulum yang Seimbang

Sekolah tidak hanya fokus pada kemampuan akademis saja, namun juga mendukung segala aspek kecerdasan anak, seperti ; kedisiplinan, akhlak dan agama, serta social emotion.

Mempertimbangkan keterlibatan kurikulum disekolah sangat penting karena anak berhak mendapatkan pendidikan yang layak bagi tumbuh kembangnya bukan hanya sekedar akademis, namun juga dari segi perkembangan karakternya.

Baca Juga : Selain tips memilih sekolah bagi anak disini, apa saja indikator kesiapan anak bersekolah yang harus diketahui Ayah Bunda?

  1. Tim Pendidik Atau Guru

Guru menjadi pihak yang paling dekat dengan anak didik, maka bagaimana cara guru menyampaikan pelajaran atau berinteraksi dengan murid menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Survey atau amati ketika kegiatan belajar mengajar berlangsung.

Cari tahu juga bagaimana cara sekolah memperlakukan anak yang unggul maupun tetinggal.

Hal ini menjadi penting karena tidak semua anak memiliki kecerdasan emosional yang sama, sehingga penting bun melihat integritas dan loyalitas pendidik dalam kegiatan KBM.

  1. Kapasitas Kelas

Menghitung jumlah murid dalam 1 kelas, untuk PAUD memiliki standar tidak lebih dari 15 peserta didik dengan ketentuan jaga jarak minimal 3 meter ( masa pandemi ).

Hal ini penting menjadi perhatian karena anak anak usia dini perlu belajar dan bereksplorasi dengan bebas dan bahagia, maka perlu diperhatikan ya bund agar si kecil bisa belajar dengan nyaman.

  1. Lokasi Sekolah

Lokasi adalah salah satu tips memilih sekolah bagi anak yang harus Ayah Bundah perhatikan.

Pilih sekolah yang memiliki jarak tempuh tidak terlalu jauh, anak – anak dapat kelelahan ketika sudah tiba di sekolah.

Yang tentu saja sangat mempengaruhi fokus dan semangatnya dalam belajar di dalam kelas.

  1. Sistem Dan Fasilitias Sekolah

Misalnya fasilitas dan sistem keamanan sekolah, seperti petugas keamanan, kondisi pagar serta wahana bermain yang dimiliki sekolah.

Amati pula kondisi toilet serta fasilitas di dalam kelas.

Mau gak mau nih bun, fasilitas didalam kelas juga mendukung kenyamanan dan kemanana didalam kelas.

Apalagi masa pandemi seperti sekarang ini, be gentle deh bun pilah pilihnya!

  1. Budget

Last but Not Least,sesuaikan budget yang dimiliki yah bunda.

Jika merasa sekolah yang memiliki prinsip yang sesuai atau dipilih tidaklah murah .

Tentu Orantua wajib untuk menyiapkannya jauh sebelum anak berada di usia sekolah yaa buun.

Nah gitu deh bun kira kira tips dan triks cara memilih sekolah bagi anak usia dini.

Semoga terbantu yah dengan 8 tips memilih sekolah bagi anak untuk ayah bunda diatas.

Oh iya jangan lupa kalau ayah bunda butuh media belajar worksheet untuk mendampingi anak belajar mandiri dirumah bisa klik disini ya

Jangan lupa juga untuk mengikuti akun instagram @kelanakids bunda! See You !

Sumber : Bokings, A. J., Srinadi, I. G. A. M., & Suciptawati, N. L. P. (2013). Faktor-Faktor yang Memengaruhi Orang Tua dalam Memilih Sekolah TK bagi Anak. Jurnal Matematika, 3(2), 102-117.

 

Leave a Comment