Kelanakids.com menawarkan berbagai materi pendidikan untuk anak-anak, termasuk mainan edukatif, worksheet, dan printable dalam format fisik maupun digital. Produk-produk ini sangat cocok untuk kegiatan homeschooling, belajar mandiri, atau pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini, PAUD, hingga TK yang berusia 2-7 tahun. Kunjungi toko kami di sini untuk mengetahui lebih banyak tentang produk kami.

Contoh Materi Kegiatan Ramadhan Kreatif Untuk Anak TK, PAUD

Kali ini kelanakids.com akan berbagi beberapa ide contoh materi ramadhan kreatif yang cocok untuk diajarkan ke anak Tk, PlayGroup, atau PAUD ya. Simak dengan baik kreasi ramadhan untuk anak TK dan PAUD tersebut disini!

Bulan suci Ramadhan adalah waktu yang sangat penting bagi umat Islam di seluruh dunia.

Selama bulan ini, orang-orang berpuasa dan mengambil kesempatan untuk memperdalam pemahaman mereka tentang agama mereka.

Bagi anak-anak usia TK, ini juga merupakan kesempatan untuk belajar tentang nilai-nilai penting dalam Islam.

Dalam artikel ini, Kelanakids akan membahas beberapa contoh materi Ramadhan yang cocok untuk anak-anak TK.

Beberapa Ide Contoh Materi Dan Kegiatan Ramadhan Untuk Anak Tk, PlayGroup, PAUD

Beberapa Ide Contoh Materi Ramadhan Untuk Anak Tk, PlayGroup, PAUD

Berikut beberapa ide kreasi ramadhan untuk anak TK, PAUD yang bisa digunakan ya ayah Bunda!

Bercerita Tentang Cerita Tema Ramadhan Yang Bisa Diteladani Anak

Salah satu cara yang baik untuk memperkenalkan anak-anak TK pada Ramadhan adalah dengan menceritakan kisah-kisah tentang bulan suci ini.

Cerita Ramadhan dapat mencakup kisah tentang Nabi Muhammad SAW, nilai-nilai penting dalam Islam seperti kebaikan, toleransi, dan kasih sayang, serta tradisi Ramadhan seperti sahur, berbuka puasa, dan zakat.

Paper Bunting Worksheet, Poster, Dekorasi Tema Ramadhan
Dapatkan Paper Bunting Worksheet, Poster, Dekorasi Tema Ramadhan Seharga IDR 20.000 GRATIS dengan kupon “GRATISPAPERBUNTING“, Klik Gambar Atau Baca Deskripsi Produk Paper Bunting Worksheet, Poster, Dekorasi Tema Ramadhan Disini

Aktivitas Kreasi Seni dan Kerajinan Tangan Untuk Mengisi Waktu Ramadhan Anak TK PAUD

Aktivitas seni, kreasi dan kerajinan tangan dapat membantu anak-anak TK untuk belajar tentang Ramadhan dengan cara yang interaktif dan menyenangkan.

Beberapa contoh aktivitas seni dan kerajinan tangan yang cocok untuk anak-anak TK termasuk membuat lampion Ramadhan.

Bisa juga membuat kartu ucapan untuk keluarga dan teman, dan membuat kaligrafi dari tulisan Arab yang sederhana.

Alternatifnya, Ayah Bunda bisa mengajak ananda membuat amplop angpau lebaran dari Kelanakids yang template amplop lucu ini bisa diunduh / download gratis disini.

Ini bisa menjadi sebuah materi ramadhan untuk anak TK yang asik sekaligus bisa kembangkan bakat mereka.

Ramadhan Planner Yang Sudah Tercetak Dan Dibingkai! Ayah Bunda Bisa Didapatkan Gratis Versi Digital PDF Dengan Pembelian Worksheet Ramadhan!
Ramadhan Planner Yang Sudah Tercetak Dan Dibingkai! Ayah Bunda Bisa Didapatkan Gratis Versi Digital PDF Dengan Pembelian Worksheet Ramadhan!

Membaca Buku Agama Tema Ramadhan Seperti Kisah Para Nabi Dan Semacamnya

Membaca buku agama merupakan kegiatan yang sangat penting bagi anak-anak, terutama untuk memperkenalkan nilai-nilai Islam yang penting dan mengenal tradisi Ramadhan dengan lebih baik.

Selain itu, membaca juga dapat membantu anak-anak untuk memperluas wawasan mereka dan mengembangkan kemampuan bahasa serta kognitif mereka.

Dalam memilih buku agama yang cocok untuk anak-anak, Ayah Bunda harus memperhatikan usia mereka agar isi buku dapat disesuaikan dengan pemahaman dan minat mereka.

Buku-buku seperti “Sifat-Sifat Allah”, “Kisah Para Nabi”, dan “Hikmah dari Puasa Ramadhan” adalah contoh buku agama yang cocok untuk anak-anak usia TK, karena isinya tidak terlalu rumit dan dilengkapi dengan gambar yang menarik perhatian anak-anak.

Selain itu, orang tua juga dapat membaca buku agama bersama anak-anak untuk memperkuat hubungan antara mereka dan membantu anak-anak dalam memahami isi buku dengan lebih baik.

Dengan membaca buku agama bersama, anak-anak juga dapat belajar tentang nilai-nilai penting seperti kesabaran, kejujuran, dan keikhlasan yang diajarkan dalam agama Islam.

Dalam memilih buku agama yang cocok untuk anak-anak, Ayah Bunda juga harus memperhatikan kualitas buku tersebut. Pilihlah buku yang memiliki kualitas cetakan yang baik dan mudah dibaca, serta disertai dengan ilustrasi yang menarik dan sesuai dengan isi buku.

Dengan demikian, anak-anak akan lebih tertarik untuk membaca buku agama dan memperoleh manfaat yang lebih besar dari kegiatan membaca tersebut.

Belajar Dengan Materi Kreasi Dari Kelanakid [ Seri Toddler Worksheet ] 50 Aktivitas Seru Ramadhan-ku Untuk Anak TK, PAUD, Playgroup

Belajar Dengan Materi [ Seri Toddler Worksheet ] 50 Aktivitas Seru Ramadhan-ku Untuk Anak TK, PAUD, Playgroup Dari Kelanakids
Download [ Seri Toddler Worksheet ] 50 Aktivitas Seru Ramadhan-ku Disini
Worksheet ini berisi contoh kegiatan Ramadhan untuk anak-anak di TK, playgroup, dan PAUD.

Dengan menggunakan worksheet atau lembar kegiatan ini, anak-anak dapat belajar kreatif dan sekaligus mengenal berbagai aktivitas Ramadhan seperti puasa, wudhu, shalat, rukun Islam, zakat, dan lain-lain.

Berbeda dengan worksheet sebelumnya yang lebih tersegmentasi, worksheet printable Ramadhan ini dapat digunakan oleh anak-anak mulai dari usia 2 tahun (dengan banyak bantuan pendamping) sampai 8 tahun.

Perbedaan lainnya terletak pada materi dan aspek yang tidak berfokus pada kemampuan akademis, melainkan pengenalan agama dengan aktivitas yang menyenangkan.

Jadi, pada worksheet tema Ramadhan ini, kalian tidak akan menemukan lembar kegiatan berhitung yang menantang, tracing huruf yang panjang, serta kemampuan akademis anak lainnya.

Printable Worksheet Ramadhan Untuk Anak TK, Playgroup, PAUD Volume 2
Beli Materi Printable Worksheet Ramadhan Format Digital PDF dan Fisik Tercetak Langsung Pakai Untuk Anak TK, Playgroup, PAUD Volume 2 Disini!

Karena saya ingin anak-anak tidak hanya mengasah kemampuan akademisnya saja, melainkan juga akal budi atau spiritualnya.

Beberapa materi yang saya buat di dalam worksheet Ramadhan ini berhubungan dengan apa itu rukun Islam, bagaimana adab puasa, apa saja hidangan berbuka khas Indonesia, dan masih banyak lagi.

Selain itu, saya juga memberikan ruang bagi anak-anak untuk berkreasi membuat hiasan dinding bertema Ramadhan, mengisi Ramadan chart, mencocokkan surat pendek, bahkan permainan ular tangga!

Harapan saya adalah semoga worksheet printable Ramadhan ini dapat menjadi sebuah “makanan” yang dibutuhkan oleh anak-anak dalam sisi spiritualitas mereka. Amiiin!

Selamat menggunakan printable Ramadhan dari Kelanakids.com dan semoga bermanfaat untuk semua.

Gratis Ramadhan Planner Tracker dengan setiap pembelian Worksheet Ramadhan Volume 2 di Kelanakids!
Gratis Ramadhan Planner Tracker dengan setiap pembelian Worksheet Ramadhan Volume 2 di Kelanakids ( Klik Disini Untuk Detailnya )!

Kreasi Membuat Kalender Materi Ramadhan Untuk Anak TK, dan PAUD Yang Bermanfaat

Membuat kalender Ramadhan yang sederhana dapat membantu anak-anak TK mengikuti bulan suci ini dan memahami tradisi Ramadhan.

Kalender Ramadhan dapat mencakup tanggal-tanggal penting seperti awal bulan Ramadhan, hari-hari puasa, dan Idul Fitri.

Anak-anak dapat menandai setiap hari pada kalender dan membuat catatan tentang kegiatan dan pengalaman mereka selama bulan suci ini.

[ Download Printable Gratis – Free ] 30 Topik Ramadhan Planner Anak Disini

Memasak Makanan Khas Ramadhan Untuk Berbuka Puasa, Anak Pasti Suka!

Memasak makanan khas Ramadhan bersama anak-anak TK dapat menjadi aktivitas menyenangkan dan bermanfaat.

Beberapa contoh makanan khas Ramadhan yang cocok untuk anak-anak TK termasuk kolak, bubur ketan hitam, dan kurma.

Anak-anak dapat membantu memilih bahan-bahan, memotong sayuran, atau mengaduk adonan.

Dalam kesimpulannya, terdapat banyak contoh materi Ramadhan yang cocok untuk anak-anak TK, dari cerita dan aktivitas seni hingga memasak makanan khas Ramadhan.

Hal ini dapat membantu anak-anak untuk memahami nilai-nilai penting dalam Islam dan mengenal tradisi Ramadhan dengan lebih baik.

Dengan memperkenalkan anak-anak pada bulan suci ini secara positif dan menyenangkan, Ayah Bunda dapat membantu mereka memperkuat pemahaman tentang agama dan budaya mereka, serta mengembangkan rasa cinta pada tradisi keagamaan mereka.

Selamat mencoba! Jangan lupa follow akun instagram kelanakids ya! Produk kami juga bisa ditemukan di Toko Shopee Kelanakids dan market place lainnya.

Shalat Dan Mengaji Bersama Anak Selama Bulan Puasa

Bulan Ramadhan adalah waktu yang spesial bagi umat Muslim. Banyak orang yang memanfaatkan bulan suci ini untuk meningkatkan ibadah dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Selain itu, bulan Ramadhan juga menjadi waktu yang tepat untuk melibatkan anak-anak dalam kegiatan keagamaan.

Salat berjamaah menjadi salah satu kegiatan Ramadhan yang bisa dilakukan bersama anak-anak.

Selain untuk mengajarkan anak tentang salat, salat berjamaah juga dapat membantu meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga.

Setelah salat, orang tua dapat memberikan ceramah singkat yang berkaitan dengan bulan suci Ramadhan.

Selain salat, mengaji bersama juga bisa menjadi kegiatan Ramadhan yang menyenangkan untuk anak-anak.

Anak-anak bisa belajar membaca huruf hijaiyah atau membaca Iqro bersama orang tua.

Lakukan kegiatan ini dengan semenyenangkan mungkin agar anak-anak merasa senang dan tertarik untuk belajar.

Ayah dan Bunda tentunya ingin mengisi waktu bersama anak dengan kegiatan yang bermanfaat, bukan? Kelanakids memiliki Seri Printable Worksheet Muslim Hijaiyah yang bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan worksheet ini, anak-anak dapat belajar membaca huruf Hijaiyah dan mengenal tanda baca pada tulisan Arab. Selain itu, worksheet ini juga dilengkapi dengan gambar dan aktivitas yang pasti akan disukai oleh si kecil. Yuk, manfaatkan waktu bersama anak dengan aktivitas belajar yang menyenangkan!

Manfaatkan Seri Printable Worksheet Muslim Hijaiyah dari Kelanakids sebagai materi untuk mengisi waktu berharga bersama anak!
Manfaatkan kreasi Seri Printable Worksheet Muslim Hijaiyah dari Kelanakids sebagai materi untuk mengisi waktu ramadhan yang berharga bersama anak usia Tk, PlayGroup, PAUD.

Dalam melaksanakan kegiatan Ramadhan bersama anak-anak, orang tua harus dapat menciptakan suasana yang nyaman dan menyenangkan.

Selain itu, orang tua juga harus memberikan pengajaran agama yang mudah dipahami dan sesuai dengan usia anak-anak.

Dengan melibatkan anak-anak dalam kegiatan Ramadhan, diharapkan dapat membentuk karakter anak yang lebih baik dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.

Berburu Takjil Bersama Anak, Adalah Salah Satu Kegiatan Ramadhan Yang Menyenangkan

Takjil merupakan makanan atau minuman yang biasanya disajikan saat berbuka puasa.

Banyak penjual takjil bermunculan di sekitar jalanan atau di dekat kompleks perumahan pada bulan Ramadhan.

Kegiatan berburu takjil ini bisa menjadi salah satu kegiatan Ramadhan yang menyenangkan untuk anak-anak.

Ibu dan Ayah bisa mengajak anak-anak untuk berjalan-jalan di sekitar kompleks saat waktu berbuka tiba, sambil mencari takjil kesukaan mereka.

Selain menyenangkan, kegiatan ini juga dapat memperkuat rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara orang tua dan anak.

Namun, perlu diingat untuk tetap mematuhi protokol kesehatan selama kegiatan berburu takjil ini.

Pastikan untuk selalu mengenakan masker dan membawa hand sanitizer. Hindari kerumunan dan usahakan menjaga jarak sosial dengan orang lain.

Selain itu, mengajarkan anak-anak tentang makna berbagi juga bisa menjadi nilai positif yang bisa diambil dari kegiatan berburu takjil ini.

Ajarkan mereka untuk membagikan takjil kesukaan mereka kepada orang lain yang membutuhkan, seperti tetangga atau saudara yang tidak mampu. Hal ini dapat membantu anak-anak untuk belajar lebih memahami nilai-nilai sosial dan kepedulian terhadap sesama.

Mengajari Anak Berbagi Dengan Berkunjung Ke Panti Asuhan

Bulan Ramadhan adalah waktu yang tepat untuk mengajarkan anak tentang kebaikan dan berbagi dengan orang lain.

Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan mengajak anak untuk berkunjung ke panti asuhan untuk berbagi makanan atau barang-barang layak pakai.

Sebelumnya, orang tua dapat mengajak anak untuk menyortir pakaian atau mainan yang masih bagus untuk disumbangkan kepada anak-anak yang kurang mampu.

Selain itu, ajarkan anak bahwa bersedekah adalah kegiatan yang sangat disukai Allah, dan orang yang bersedekah akan diberi ganjaran pahala berlipat-lipat jika dilakukan dengan ikhlas.

Dengan cara ini, anak akan belajar tentang pentingnya berbagi dan memperoleh pengalaman berharga yang akan membentuk kepribadian mereka di masa depan.

Mengajari Anak Berbagi Dengan Berkunjung Ke Panti Asuhan

Berbagi Makanan Ke Tetangga Dan Keluarga Terdekat

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh kebaikan dan rahmat.

Selain berpuasa dan meningkatkan ibadah, bulan Ramadhan juga menjadi momen yang tepat untuk mengajarkan kebaikan kepada anak-anak.

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan adalah memberi makanan kepada tetangga untuk berbuka.

Jika sulit menemukan panti asuhan yang menerima donasi di masa pandemi seperti ini, Ayah Bunda masih bisa mengajarkan sedekah dengan cara yang mudah dan sederhana.

Ibu atau Ayah bisa mengajak anak untuk menyiapkan dan membungkus makanan untuk diberikan kepada tetangga terdekat.

Ini akan menjadi momen yang menyenangkan dan bermanfaat untuk mengajarkan kebaikan dan mempererat tali silaturahmi antar tetangga.

Tak hanya itu, berkunjung ke rumah saudara seperti om tante, pakde bude, kakek nenek, juga bisa menjadi alternatif kegiatan Ramadhan untuk anak-anak.

Mengantarkan bingkisan makanan untuk mereka yang membutuhkan akan membuat anak-anak belajar untuk lebih peka terhadap kebutuhan orang lain, serta memperkuat tali silaturahmi dengan keluarga.

Yuk, ajak anak-anak untuk berbagi kebaikan di bulan Ramadhan ini!

Mengajari Anak Dengan Materi Ramadhan Yang Cocok Untuk Anak TK Usia Dini

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang penuh berkah bagi umat Muslim di seluruh dunia.

Setiap tahunnya, umat Muslim melaksanakan ibadah puasa selama satu bulan penuh di bulan Ramadhan.

Namun, bagi anak-anak usia dini seperti TK, ibadah puasa dapat menjadi hal yang sulit dipahami dan dilakukan.

Oleh karena itu, dibutuhkan materi kultum Ramadhan yang disesuaikan dengan pemahaman dan kebutuhan anak-anak TK.

Berikut adalah ide kreatif tentang materi kultum Ramadhan untuk anak TK usia dini:

Bercerita Tentang Tips berpuasa seperti Rasulullah

Sebagai muslim, kita diwajibkan untuk mencontoh Nabi Muhammad SAW dalam beribadah.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui tips berpuasa seperti Rasulullah.

Ayah Bunda dapat mengajarkan anak-anak untuk makan sahur, memperbanyak doa, dan berbuka dengan makanan ringan seperti kurma dan air putih.

Tentang Alasan Mengapa kita harus berpuasa di bulan ramadhan

Mengapa kita harus berpuasa di bulan Ramadhan? Ayah Bunda dapat menjelaskan kepada anak-anak tentang pentingnya berpuasa sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT.

Ayah Bunda juga dapat menjelaskan tentang keutamaan bulan Ramadhan dan bagaimana bulan ini dianggap sebagai bulan yang penuh berkah.

Manfaat serta anjuran untuk makan sahur

Makan sahur merupakan hal yang penting ketika menjalankan ibadah puasa.

Ayah Bundadapat mengajarkan anak-anak tentang manfaat makan sahur, seperti menambah energi dan daya tahan tubuh selama berpuasa.

Selain itu, Ayah Bunda  juga dapat mengajarkan anjuran untuk makan sahur, seperti memilih makanan yang sehat dan menghindari makanan yang berlemak.

Apa saja hal yang bisa batalkan puasa

Ayah Bunda juga dapat mengajarkan anak-anak tentang hal-hal yang dapat membatalkan puasa.

Misalnya, makan atau minum secara sengaja selama berpuasa, atau hal lain yang bisa membatalkannya.

Ayah Bunda dapat mengajarkan tentang pentingnya menjaga puasa agar tidak batal dan memberikan pengertian tentang makna ibadah puasa.

Apa pentingnya sabar menahan hawa nafsu selama puasa

Puasa bukan hanya menahan lapar dan haus, tetapi juga menahan hawa nafsu.

Ayah Bunda dapat mengajarkan anak-anak tentang pentingnya sabar dalam menahan hawa nafsu selama berpuasa.

Selain itu, Ayah Bunda juga dapat mengajarkan tentang pentingnya mengendalikan emosi dan menahan diri dari tindakan yang tidak baik.

[ Seri Printable Tematik ] Worksheet Emosi
[ Seri Printable Tematik ] Worksheet Emosi, Bisa Digunakan Secara Kreatif Untuk Mengajarkan Anak Terkait Emosi Dalam Diri Yang Relevan Dengan Materi Dan Kegiatan Bulan Ramadhan.

Anjuran memperbanyak sedekah selama ramadhan

Ramadhan merupakan bulan penuh berkah, dan salah satu amalan yang dianjurkan selama bulan ini adalah memperbanyak sedekah.

Ayah Bunda dapat mengajarkan anak-anak tentang pentingnya berbagi dengan sesama dan memberikan pengertian tentang makna sedekah.

Apa itu malam Lailatul Qadar atau turunnya Al-Quran

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang sangat istimewa di bulan Ramadhan.

Malam ini sangat berharga karena pada malam ini, Al-Quran turun kepada Nabi Muhammad SAW sebagai panduan bagi umat manusia.

Nama Lailatul Qadar berarti malam kemuliaan atau malam keagungan.

Malam ini juga dikenal sebagai malam seribu bulan karena nilainya yang sangat tinggi di hadapan Allah SWT.

Dalam menjalankan ibadah di malam Lailatul Qadar, ada beberapa amalan yang bisa dilakukan, di antaranya adalah membaca Al-Quran, berdoa, berdzikir, dan memperbanyak sedekah.

Menjaga kebersihan dan kerapian lingkungan juga sangat dianjurkan.

Selain itu, sebaiknya memperbanyak beristighfar dan bertaubat dari segala dosa yang telah dilakukan.

***

Mengajarkan anak tentang kebaikan di bulan puasa bisa dilakukan melalui berbagai cara.

Salah satunya dengan menggunakan bantuan materi seperti Seri Printable Worksheet Muslim Ramadhan dari Kelanakids.

Worksheet Ramadhan Kelanakids berisi sebagian dari materi tersebut diatas.

Nah, semoga informasi mengenai contoh materi, kreasi dan ide kegiatan Ramadhan untuk Anak TK, PAUD di atas bisa bermanfaat untuk Ayah Bunda ya!

Leave a Comment