Kelanakids.com menawarkan berbagai materi pendidikan untuk anak-anak, termasuk mainan edukatif, worksheet, dan printable dalam format fisik maupun digital. Produk-produk ini sangat cocok untuk kegiatan homeschooling, belajar mandiri, atau pembelajaran yang menyenangkan bagi anak usia dini, PAUD, hingga TK yang berusia 2-7 tahun. Kunjungi toko kami di sini untuk mengetahui lebih banyak tentang produk kami.
Rekomendasi Sepeda Untuk Anak Mulai Dari Usia 2 Tahun

Rekomendasi Sepeda Untuk Anak Mulai Dari Usia 2 Tahun

Bersepeda adalah kegiatan yang buat anak lebih percaya diri. Selain itu anak akan lebih stabil dan seimbang untuk stimulasi tumbuh kembangnya. Karena itu Mom harus tahu rekomendasi sepeda anak 2 tahun apa saja, agar bisa bermain sepeda dengan seru dan aman di usianya.

Berapa usia anak yang tepat untuk mulai mengendarai sepeda? Usia yang tepat bagi anak untuk mulai mengendarai sepeda, sangat bervariasi antara satu anak dengan anak lainnya. Tapi memang rekomendasi sepeda anak 2 tahun, karena itu masa saat anak sudah bisa berjalan dan berlari. Namun tetap pastikan gunakan yang tepat dan aman ya sesuai usianya. 

Baca Juga: Rekomendasi Toko Mainan Di Tangerang Dan Jakarta Lengkap

Salah satu sepeda yang direkomendasikan untuk anak usia 2 tahun toddler adalah balance bike. Kapan anak boleh pakai balance bike? Biasanya, sepeda tanpa pedal atau kita kenal dengan balance bike ini bisa digunakan oleh anak sejak usia 18 bulan. Dan biasanya juga bisa sampai usia 5-6 tahun. 

Kalau Mom bingung ingin memilih sepeda untuk anak 2 tahun yang mana, cek lengkap rekomendasi sepeda anak 2 tahuni beserta tipsnya di sini ya!. 

5 Rekomendasi Sepeda Anak 2 Tahun Terbaik 2023

 

1. Strider Balance Bike

Strider Balance Bike rekomendasi sepeda anak 2 tahun

Kalau menelusuri siapa yang pertama kali membuat produk balance bike, pasti jawabannya adalah Strider. Balance bike milik Strider ini sudah mendunia dan sudah masuk Indonesia. Bahkan banyak lomba balance bike menggunakan Strider. 

Selain desain yang kokoh dan sangat awet hingga bertahun-tahun. Selain itu, untuk menggunakan Strider Balance Bike anak memang harus fokus belajar seimbang terlebih dahulu. Biasanya para pengguna Strider sudah mulai menggunakannya sejak usia 18 bulan. 

Untuk versi terbaru, Strider juga sudah bisa menambahkan pedal. Jadi anak akan lebih mudah saat belajar sepeda. Mom tenang saja, pakai balance bike pasti akan lebih gampang belajar menggunakan sepeda kok!. 

2. IIMO Balance Bike

IIMO Balance Bike rekomendasi sepeda anak usia 2 tahun

Biasanya IIMO terkenal dengan sepeda bayi yang didorong, namun mengikuti perkembangan jaman IIMO juga mengeluarkan seri balance bike yang sangat cantik. Perbedaannya dengan balance bike lainnya, IIMO terdapat rem tangan yang bisa digunakan. Tapi Mom jangan khawatir, anak tetap harus belajar agar tidak tiba-tiba menggunakan rem tangannya ya namun tetap pakai rem kaki sendiri. 

3. Polygon Flint

Polygon Flint rekomendasi sepeda anak untuk 2 tahun

Tidak kalah, Indonesia juga mengeluarkan seri balance bike melalui brand sepeda Polygon yaitu Polygon flint. Sepeda ini akan melatih keseimbangan anak dan tidak menggunakan pedal. Bila anak sudah terbiasa memakai balance bike, anak akan lebih mudah saat menggunakan sepeda yang lebih besar tanpa perlu bantuan. 

4. United Mini Bike Ride On

United Mini Bike Ride On

Sepeda mini dari brand United ini sangat cocok digunakan anak sebelum usia dua tahun. Ukurannya yang mungil dengan roda tiga besar dan sadel yang rendah. Cocok untuk anak yang mulai mahir berjalan dan berlari, bakal makin lihai saat menggunakannya. 

Saat menggunakan Ride On dari United ini, anak tidak akan jatuh. Namun Mom harus tahu kalau anak harus diajarkan keseimbangan dengan sepeda yang lebih cocok untuk usianya.

5. London Taxi Kick Bike

London Taxi Kick Bike

Hadir juga brand London Taxi dengan tampilan balance bike yang lebih modis. Pada dudukan sadel dan pegangan terdapat bahan leather yang nyaman saat digunakan anak. Terdapat banyak pilihan warna yang bisa Mom pilih. Untuk ukurannya sesuai dengan ukuran toddler, jadi anak akan lebih mudah mengendalikannya. 

Jangan lupa berikan kepercayaan diri pada anak untuk menggunakan balance bike ini. 

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Les Renang Di Jabodetabek

Cara Memilih Sepeda Anak untuk Usia 2 Tahun Keatas

Cara Memilih Sepeda Anak untuk Usia 2 Tahun Keatas

Untuk mempermudah Mom memilih sepeda anak yang pas dan bagus, cek tips berikut!.

1. Pilih Ukuran yang Sesuai

Pilih sepeda dengan ukuran yang sesuai untuk anak berusia 2 tahun. Pastikan tinggi sepeda dan ukuran roda cocok dengan tinggi dan ukuran tubuh anak. Anak seharusnya dapat dengan mudah menjangkau tanah dengan kakinya saat duduk di sadel. Cek dudukan anak ya dengan memintanya mencoba uji sepedanya langsung.

Membeli sepeda sesuai usia anak ini akan membuat anak lebih safety saat menggunakannya. 

2. Stabilitas dan Keseimbangan

Pilih sepeda anak dengan desain yang stabil dan kokoh untuk membantu anak dalam belajar keseimbangan. Beberapa sepeda anak dilengkapi dengan roda bantu yang dapat dilepas saat anak sudah lebih mahir dalam menyeimbangkan diri.

Namun bila Mom menggunakan sepeda balance bike, usahakan anak untuk anak belajar stabil dan seimbang. Juga anak diajari kalau pakai balance bike itu harus menggunakan kakinya untuk meluncur dan mengerem.

3. Material dan Bobot Cocok Untuk Anak

Pastikan sepeda terbuat dari bahan yang ringan, tetapi tetap kokoh dan tahan lama. Material seperti aluminium atau baja ringan dapat menjadi pilihan yang baik. Sebaiknya pilih sepeda yang tidak terlalu berat sehingga anak dapat dengan mudah mengendalikannya, seperti maju atau mundur.

4. Belikan Aksesori Tambahan Sepeda

Pertimbangkan membeli sepeda dengan aksesori tambahan seperti bel, lampu, atau keranjang kecil yang dapat menambah kesenangan dan keamanan anak. Lalu belikan helm pelindung kepala untuk menghindari cedera. 

Mom juga bisa menambahkan pelindung siku tangan dan kaki juga demi keamanan anak.

5. Desain yang Menarik

Pilih sepeda dengan desain atau karakter yang disukai anak. Ini dapat meningkatkan minat anak untuk belajar bersepeda. 

6. Baca Ulasan dan Rekomendasi

Cari ulasan atau rekomendasi dari orang tua lainnya yang sudah membeli sepeda anak. Pengalaman mereka dapat memberikan wawasan berharga. Mom bisa mendapatkannya di artikel atau beberapa video di sosial media.

7. Budget

Tetapkan anggaran yang sesuai dengan kebutuhan Mom, tetapi pastikan untuk tidak mengorbankan kualitas dan keamanan demi harga yang lebih murah. Ingat keamanan sangat penting dalam memilih sepeda ya Mom.

Baca Juga: Daftar Rekomendasi Daycare Anak Di Jakarta Lengkap

Itu tadi rekomendasi sepeda untuk anak 2 tahun dari Kelana Kids yang cocok untuk Bunda. Selamat memilih sepeda ya Mom!.

Leave a Comment