Rekomendasi Worksheet Matematika Untuk Anak TK

Halo ayah bunda gimana kabarnyaa semuaa? Semoga sehat selalu ya. Gimana nih ayah bunda kabar si kecil? Masih betah gak nihh dirumah aja? atau udah mulai terguncang perkara jadi “guru” pendamping selama sekolah online. Semoga tetep semangat yaa ayah bunda! Karena kali ini blog Kelanakids.com akan mengulas tentang rekomendasi worksheet Matematika untuk anak TK nih Bunda.

Baik, ngomongin soal sekolah online, kira kira pusing gak sih bun kalau si kecil disuruh belajar materi yang mungkin mereka kurang tertarik?

Matematika contohnya, aduh alamak ya kan bundd.

Udah pake cara cara interaktif, tapi si kecil masih susah untuk diarahkan belajar berhitung?

Coba dievaluasi dulu bund mungkin selama disekolah, anak masih belum merasa tercukupi dengan fasilitas belajar yang ada.

Apalagi kalo Metode belajar berhitung pada Anak Usia Dini  itu bukan perkara yang mudah ya bund.

Konsep pembelajaran  awal pada pemahaman  matematika adalah konsep tentang berhitung.

Matematika juga merupakan cabang ilmu yang sangat penting, karena melalui matematika anak akan berlatih untuk membentuk olah pikir secara pragmatis.

Mengingat  pentingnya keahlian dalam berhitung  bagi si kecil, maka  hal  tersebut  bisa  diasah sejak  dini melalui bantuan beragam media dan pendekatan teknik belajar yang sesuai.

Ketika teknik belajar dan media yang digunakan dalma KBM sesuai serta menarik, anak anak akan lebih mudah mempelajari matematika dengan hati yang gembira.

Menurut penelitian Susanto (2017) Salah satu cara agar anak memiliki ketertarikan dengan belajar matematika dapat dilakukan dengan peerapan teknik belajar dengan cara yang simpel, tepat, konsisten dan berkala, serta dikemas dalam lingkungan yang kondusif.

Secara tidak langsung hal ini mendukung perkembangan pola pikir anak menjadi leboh terasah, sehingga dapat  menguasai ilmu matematika matematika tersebut.

Proses kegiatan belajar matematika di tingkat TK merupakan suatu proses pemahaman konsep berhitung.

Tidak hanya bagaimana cara menghitung saja, tetapi ada juga pengenalan terhadap suatu bilangan, angka, dan  simbol-simbol yang menggambarkan arti atau definisi dari suatu angka serta cara mengaplikasikannya secara sederhana.

Kemampuan berhitung juga mencakup semua pikiran dan keahlian manusia dalam proses “mengukur” untuk mengatur sebuah kepentingan dan keputusan.

Bagi anak-anak. suatu pemikiran  dan keahlian mecakup kemampuan untuk mencocokan, mengelompokkan, mengatur, menghitung, memisah, dan membandingkan ( Suryana, 2016 ).

Tahapan kemampuan anak berhitung pada anak usia dini (usia 2-7) tahun menurut Piaget berada di fasepra-operasional, dengan demikian penguasaan berhitung atau matematika  pada anak usia  taman kanak-kanak akan melalui fase secara berulang dan berkala (Susanto, 2017).

Tahap fasekonsep/pengertian anak mulai menghitung  segala  macam materi yang dilihatnya.

Sehingga instruktur dan wali  murid diharuskan mampu membuat proses belajar yang  menarik  dan  berkesan dalam menghindari  efek jera dan bosan.

Aktivitas Berhitung pada periode usi 2-7 tahun dapat menggunakan metode Montessori.

Secara filosofi, metode ini merupakan  sebuah  metode  yang melengkapi kebutuhan  anak  secara individual.

Selanjutnya  pendapat di atas diperkuat oleh Pagliaro dan Kritzer dalam penulisan  NAEYC dan NCTM  yang menyatakan bahwa anak dengan usia 3-6 tahun memliki kemampuan memahami matematika dengan cara mengenali lingkungannya, dengan cara menggunakan kemampuan intuitif mereka (Pagliaro & Kritzer, 2013).

Pernyataan  di  atas  menunjukkan  bahwa  pembelajaran  berhitung yang menarik bagi anak-anak adalah pembelajaran berhitung melalui benda konkret  atau  benda  yang  familiar  dengan  lingkungan  anak.

Nah bund, tetapi untuk mempersiapkan semua itu pasti perlu persiapan yang gak mudah

Tapi jangan khawatirrr, karena kini hadir printable worksheet dari kelanakids.

Kenapa worksheet ?

Karena worksheet bisa berperan sebagai media pembelajaran yang dapat mengukur kemampuan anak sekaligus menjadi media perantara saat orang tua mendampingi anak belajar.

Selain worksheet mudah digunakan, anak juga akan lebih familiar dengan media pembelajaran yang akan mereka gunakan dijenjang kehidupan sekolah selanjutnya.

Produk KelanaKids kini hadir dengan serial Seri Toddler Worksheet (Worksheet Pertamaku) Mulai Usia 2 Tahun – 5 Tahun.

Ayah Bunda perlu memahami bahwa terdapat perbedaan kemampuan perkembangan anak sesuai dengan kategori rentang usianya.

Produk Kelana Kids [ Seri Toddler Worksheet ] merupakan Printable Worksheet Matematika cocok menjadi piihan untuk si kecil yang mulai mengenal angka pada jenjang tingkat TK.

Worksheet ini didesain dengan menekankan anak untuk memahami konsep berhitung dmelalui design yang diadaptasi dari benda benda disekitar.

Desain ilustrasinya ciyamik banget bund, sehingga si kecil bisa belajar matematika dengan lebih bersemangat.

Rekomendasi worksheet dari Kelanakids ini jangan dilewatkan ya bund!

Rekomendasi Worksheet Matematika Untuk Anak TK

Klik untuk membeli Serial Printable Worksheet Matematika Diatas

Karena worksheet juga bagian dari pendekatan anak dan orang tua, biar makin bonding dan kompak !

Don’t worry Ayah Bunda!

Produk worksheet, printable atau yang tercetak KelanaKids juga dibuat sesuai standar, dengan materi yang beracuan pada checklist indikator perkembangan anak usia dini dari Dinas Pendidikan Indonesia.

Nah sekarang Ayah Bunda sudah paham bukan betapa bermanfaatnya Worksheet dalam proses perkembangan si kecil, tunggu apalagi!

Get Your Own Worksheet dan selamat menikmati belajar dengan si Kecil, demi masa depan anak yang lebih cerah !

Nah, semoga rekomendasi worksheet Matematika untuk anak TK diatas bisa berguna. Jangan lupa untuk follow akun instagram kelanakids juga ya bunda!

Sumber :

  • Siswoyo, D. (2017). Ilmu Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
  • Sujiono, B., & Sujiono, Yuliani, N. (2010). Bermain Kreatif Berbasis Kecerdasan Jamak. Jakarta: Indeks.Sundayana, R. (2015). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.
  • Suryana, D. (2016). PAUD  Stimulasi dan Aspek Perkembangan Anak Book. Jakarta: Kencana.Susanto, A. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini: Konsep  dan Teori.  Jakarta: Bumi Aksara.
  • Pagliaro, C. M., & Kritzer, K. L. (2013). The Math Gap: A Description of the Mathematics Performance of Preschool-aged Deaf/Hard-of-Hearing Children. Journal of Deaf Studies and Deaf Education, 18(2), 139–160. https://doi.org/10.1093/deafed/ens070

Leave a Comment