Rekomendasi Worksheet Menulis Untuk Anak Tk

Berikut ini blog kelanakids.com akan membagikan rekomendasi worksheet menulis untuk Anak TK. Simak dengan baik ya!

Halo ayah bunda gimana kabarnyaa semuaa ? Semoga sehat selalu ya.

Gimana nih ayah bunda kabar si kecil ? masih betah gak nihh dirumah aja ? Semoga tetep semangat yaa ayah dan bunda!

Kalau kemarin kita udah ngobrolin perihal bagaimana mengemas pembelajaran matematika untuk si kecil yang sudah ditahap TK, kali ini kita bahas soal bagaimana mengajak anak untuk belajar menulis selama sekolah online.

Ngomongin soal sekolah online, kira kira pusing gak sih bun kalau si kecil mulai bosan dengan materi belajar di sekolah onlinenya?

Gimana ya kira kira melatih anak agar terus konsisten untuk menulis?

Belajar menulis merupakan hal penting bagi anak. Menurut penelitian Graham (2000) Kemampuan menulis merupakan sebuah keterampilan yang dapat membantu meningkatkan performa anak pada seluruh ranah akademik.

Pengembangan dari keterampilan menulis biasa diterapkan sejak anak berada pada masa playgroup – taman kanak kanak.

Bahkan nih bund, asal ayah bunda tau ya kemampuan menulis itu Bahkan dengan munculnya teknologi komputer, keterbacaan tulisan tangan tetap menjadi keterampilan yang memiliki kegunaan penting bagi anak-anak pada penilaian di seluruh negara bagian dan kemudian pada ujian masuk perguruan tinggi.

Menulis juga memiliki berbagai manfaat, daintaranya : Peningkatan kecerdasan; Mengembangkan daya inisiatif dan kreatifitas; Menumbuhkan keberanian; dan Mendorong kemauan dan kemampuan mengumpulkan informasi.

Dan juga nih ayah bunda, dengan melatihkan anak untuk menulis .. anak akan belajar untuk mengoperasikan alat tulis seprti pensil.

Tentunya dalam hal ini anak akan melatih otot – otot kecil untuk menulis.

Selain melatih otot anak juga akan belajar untuk mengkorrdinasikan emosi dan kesabaran dalam membuat tulisan.

W.O.W! Banyak banget gak sih ayah bunda manfaat untuk menulis ?

Nah terus gimana sih mengetahui tahapan menulis?

Ayah bunda perlu tahu tahapan mengajarkan anak untuk menulis, dan bagaimana membuat anak enjoy untuk terus berlatih menulis.

Dilansir melalui Widyastuti (2017) berikut merupakan tahapan menulis anak dan cara untuk menstimulasinya

Dilansir melalui Widyastuti (2017) berikut merupakan tahapan menulis anak dan cara untuk menstimulasinya

  1. Tahap mencoret

Tahap ini bercirikan anak mulai memiliki ketertarikan dengan mencoret – coret, baik kertas, lantai atau tempat tempat yang bisa mereka jagkau untuk menulis.

Jadi, ayah bunda musti maklum ya ini tahap anak mengenali dan memiliki ketertarikan dengan keterampilan menulis

  1. Tahap pengulangan secara linier

Tahapan in anak akan mencoba mengikuti bentuk atau alur tulisan.

Biasanya, anak akanmenelusuri bentuk tulisan horizontal.Anak masih mengatur ritme penulisan serta spacing, jadi nggak jarang kita dibikin gemas kalau tulisan anak pada tahap ini mepet – rapet banget!

It’s owkay be patient ayah bunda.

  1. Tahap menulis secara radom

Pada tahap menulis random ini berarti anak mulai bisa menulis dan sedang berupaya untuk mengorganisir huruf huruf yang sudah berhasil mereka ingat.

  1. Tahap menulis nama

Pada tahap ini anak sudah mulai berhasil mengorganisisr susunan huruf, akan tetapi masih dalam tahap penulisan yang ia sering dengar, baca, dan dilatihkan.

Sehingga nggak jarang juga anak akan menulis nama nama yang paling dekat dengan mereka.

Contohnya seperti nama yang dimiliki, nama ayah, nama ibu, bahkan nama saudaranya. Lucu deh, semua boneka jadi ikut ditulis juga nih sama si adek.

Nah untuk cara menstimulasi anak ayah bunda bisa menggunakan beberapa prinsip untuk mempermudah metode stimulasi keterampilan menulis pada anak TK, yakni :

  1. Prinsip Mengkopi, pada prinsip ini bantu anak untuk mencontoh model model yang ada disekitarnya
  2. Prinsip Fleksibel, bantu anak untuk berfikir secara fleksibel sehingga anak mampu belajar untuk merekonstruksi dan membentuk huruf yang sama
  3. Prinsip Inventori, melalui prinsip inventori anak akan diminta untuk melengkapi tulisan dan membantu anak untuk menentukan pasangan huruf yang tepat dalam menyusun sebuah kata atau bahkan kalimat.
  4. Prinsip Keberulangan, melatih anak anak harus dengan prinsip mengulang agar anak memiliki keterampilan menulis secara matang.
  5. Prinsip Membangkitkan, hal ini bertujuan untuk melatih keterampilan spontanitasnya untuk mengingat bentuk huruf penyusun kata.

Nahh udah mulai paham kan ayah bunda bagaimana tahapan dan bagaimana menstimulasi anak TK untuk belajar menulis. Tinggal eksekusii nih ayah bunda.

Biar ngga repot nihh!

Untuk mempermudah ayah bunda mendampingi si kecil saat berlatih menulis, ada rekomendasi worksheet yang bisa didapatkan secara mudah, cepat, dan pastinya ramah kantong buat ayah bunda nih

Kelanakids.com adalah situs yang menyediakan media belajar anak-anak dalam bentuk worksheet dan printable anak baik fisik maupun digital.

Belanja Produk Printable 660+ Lembar Kerja Worksheet Aktivitas Anak Usia 2 3 4 5 6 Tahun TK PAUD Beragam Tema Belajar Mainan Edukatif (PDF) Kelanakids Di Shopee Disini!

Konsep printable worksheet dari kelana diharapkan bisa jadi solusi ayah bunda untuk memanfaatkan worksheet dengan praktis dan efisien bagi pendamping belajar anak, tapi juga menarik dan menyenangkan buat anak!

Coba deh intip KelanaKids.com, disana ada banyak banget pilihan printable worksheet yang menarik, dan pastinya bisa untuk menemani si kecil belajar menulis.

Produk KelanaKids yang hadir dalam bentuk worksheet dan printable selalu berusaha menyajikan materi yang dekat dengan kehidupan anak sehari-hari, dengan beragam nilai serta aspek yang didesain menarik dan menyenangkan untuk anak-anak.

Kedua, melatihkan kebiasaan-kebiasaan baik yang merupakan proses pembentukan karakter anak.

Dan yang terakhir adalah tentang kehidupan, yang artinya tidak hanya fokus pada kemampuan akademis anak semata, namun mengedukasi tentang bagaimana cara merawat tubuh dan jiwa.

Produk KelanaKids kini hadir dengan serial Seri Toddler Worksheet yang cocok untuk latihan menulis bagi si kecil yang berada di fase TK.

Toddler Worksheet 4+ Volume 02 disusun dengan mempertimbangkan capaian indikator kompetensi yang bisa mendukung serta mengasah keterampilan anak usia 4-5 tahun ke atas.

Mega Bundling Anak Usia 2-6 thn 13 produk Worksheet & Printable Tematik (Digital...

Materi yang terdapat didalam worksheet seri Toddler ini juga membantu anak untuk meengenali kegiatan pra-membaca, menebali angka, mendekorasi masker, mengenal beragam rambu lalu linta hingga kegiatan paper craft membuat gelang dan burung hantu.

Don’t worry Ayah Bunda! Produk worksheet, printable atau yang tercetak KelanaKids juga dibuat sesuai standar, dengan materi yang beracuan pada checklist indikator perkembangan anak usia dini dari Dinas Pendidikan Indonesia.

Nah sekarang Ayah Bunda sudah paham bukan betapa bermanfaatnya Worksheet dalam proses perkembangan si kecil, tunggu apalagi!

Get Your Own Worksheet dan selamat menikmati belajar dengan si Kecil , demi masa depan anak yang lebih cerah !

Referensi :

  • Graham, S., Harris, K. R., & Fink, B. (2000). Is handwriting causally related to learning to write? Treatment of handwriting problems in beginning writers. Journal of educational psychology, 92(4), 620.
  • Widyastuti, A. (2017). Analisis Tahapan Menulis Dan Stimulasi Anak Kelompok B-1 Tk Islam Assaadah Limo Depok. AWLADY: Jurnal Pendidikan Anak, 3(2), 157-172.

Leave a Comment