Belajar mengenal dan menulis alfabet dengan fun menggunakan  Worksheet Tracing A...

Rekomendasi Worksheet Terbaik Untuk Playgroup

Apa rekomendasi worksheet terbaik untuk playgroup itu? Blog Kelanakids.com akan membahasnya disini ya.

Halo Ayah Bundaa Ketemu lagi Kita, kali ini gimana nih kabarnya ayah bunda? Karena masih dimasa pandemi, jadi Semoga sehat sehat selalu dehh yaa ayah bundaa.

Gimana juga kabar toodlers dirumah? Semoga sikecil sehat sehat juga ya.

Ayah Bunda, kali ini Kita bakalan ngobrolin seputar si kecil yang sudah mulai sekolah pada jenjang pre-school atau playgroup.

Anak anak pada usia rentang 1-3 tahun mengalami fase masa kritis dan sensitif bagi tumbuh kembang anak.

Mau Melatih Anak Usia Dini Dengan Worksheet Terbaik? BACA DULU INI!

Setiap capaian perkembangan anak pada rentang usia ini dapat dicapai dengan optimal melalui dukungan nutrisi, stimulasi, proteksi dan evaluasi agar dapat membentuk anak sehat, kuat, cerdas, percaya diri, kreatif, inovatif, berperilaku baik.

Upaya stimulasi otak anak dapat mengoptimalkan waktu bermain sambil belajar.

Selain dapat menstimulasi otak, anak juga akan belajar untuk mengenal lingkungan serta mempelajari emosi yang berada disekitarnya.

Ayah bunda perlu tahu nih, kalo misal perlu memiliki perhatian khusus dalam menyekolahkan anak sejak usia dini.

Sebagaimana pola pikir diranah masyarakat tentang pendidikan usia dini, dimana masih banyak yang beranggapan bahwadengan menyekolahkan anak saat usia dini kesekolah hanya untuk mempelajari membaca, menulis, dan berhitung (calistung).

Padahal, bukan hanya sekedar bisa calistung nih bund, tapi banyak hal penting yang perlu dititik beratkan dan harus diperhatikan mengenai bagaimana perkembangan anak dapat mencapai perkembangan kognitif dan sosial – emosional yang matang.

Salah satu cara mengukurnya dapat melalui mempersiapkan anak untuk mengenali lebih dulu, sehingga anak memiliki keterampilan sebelum melanjutkan pendidikan masuk sekolah dasar.

Rekomendasi Worksheet Terbaik Untuk Playgroup

Membaca, menulis, berhitung tidak dapat dianggap suatu tujuan yang diharuskan, namun Lembaga Pendidikan playgroup yang baikjustru harus menitik beratkan dalam membangun minat dan hasrata nak dalam membaca, menulis, berhitung (Masnipal, 2013, p. 165).

Belanja Produk Printable 660+ Lembar Kerja Worksheet Aktivitas Anak Usia 2 3 4 5 6 Tahun TK PAUD Beragam Tema Belajar Mainan Edukatif (PDF) Kelanakids Di Shopee Disini!

Belajar Calistung?

Belajar Calistung terutama menulis merupakan hal penting bagi anak, terutama kemampuan menulis.

Menulis merupakan keterampilan penting yang dapat memberikan kemampuan terhadap performa dari siswa disegala bidang akademik.

Perkembangan dari skill menulis diperkenalkan dan dilatih sejak masa play group, walaupun dengan kecanggihan teknologi masa kini kemampuan menulis anak tetap harus dilatih mengingat pentingnya manfaat belajar menulis bagi anak. Belajar menulis bagi anak usia dini juga melatih anak untuk mengelola emosi, dan kesabaran dalam mengendalikan motorik dan fokusnya.

Pengembangan keterampilan menulis anak dapat disuguhkan melalui penyusunan kurikulum yang kreatif sehingga media belajar yang dikenbangkan dapat memenuhi pembelajaran abad 21.

Pendidikan abad 21 bagi anak playgroup didukung oleh keterlibatan guru yang kreatif dan interaktif dalam mengajar.

Hal ini dilakukan agar guru lebih fokus kepada perkembangan anak, bukan sekedar pada penilaian.

Bukan hanya guru, orang tua pun harus lebih memperhatikan anak , apalagi musim pandemi yang harus membatasi ruang gerak anak untuk bersekolah.

Tentu saja ini tidak berlangsung instan dan mudah ya bund.

Jadi ga cukup dengan dikirimkan kesekolah saja, perlu adanya upaya pembelajaran mandiri dirumah secara berkala, orang tua harus siap untuk jadi sosok teacher juga dirumah, biar sikecil gak kehilangan semangat belajarnya.

Tentunya ga mudah ya bun untuk menjadi guru dadakeun dirumah. Apalagi untuk memenuhi kebutuhan anak anak dengan berlatih menulis.

Musti siapin bahannya, musti pake tenaga ekstra sabar ya bun biar anak bisa ‘anteng’ dan terus semangat.

Salah satu cara untuk melatihkan anak dalam menguasai keterampilan dasar kognitif dan psikomotorik dalam keterampilan menulis untuk anak usia playgroup dapat menggunakan worksheet sederhana untuk mengukur dan melatih anak dalam mengingat huruf bahkan penyusunan kata loh.

Menggunakan worksheet yang memiliki pendekatan yang dekat dengan kehidupan contohnya, ketika anak mengerjakan cara menulis huruf O dengan menampilkan contoh benda yang memiliki bentuk mirip dengan huruf O yakni buah Jeruk atau dalam bahasa inggris Orange.

Dalam kasus ini anak tidak hanya belajar huruf tetapi juga belajar menghubungkan fungsi penulisan dan penamaan benda benda yang ada disekitarnya.

Mari mengenal worksheet untuk anak playgroup lebih dalam,

Worksheet Pertamaku ini bisa digunakan anak mulai Usia 2 Tahun.

Klik untuk membeli Serial Worksheet Pertamaku Mulai Usia 2 Tahun

Worksheet memiliki fungsi salah satunya dapat mengukur sebuah kinerja pemahaman anak.

Dalam pengukurannya tentu harus mempertimbangkan pendekatan yang didasarkan pada pengamatan konteks kegiatan belajar.

Worksheet hendaknya menjadi alat untuk mengumpulkan data dan menganalisis kemajuan anak-anak sebagai bagian dari menunjukkan hasil program belajar disekolah.

Tujuan dan sasaran dalam worksheet tersebut, juga harus mencakup inti dan elemen dan indikator pemahaman anak yang diperlukan.

Worksheet yang sebaiknya digunakan juga mengandung:

  • (1) Kurikulum Kurikulum Perkembangan yang telah disesuaikan dengan BNSP, menunjukkan langkah-anak perkembangan anak melalui tujuan kurikulum terkait dengan pengembangan sosial, emosional, fisik, kognitif, dan bahasa;
  • (2) panduan guru atau pemdamping belajar, memberikan panduan tentang menerapkan sistem penilaian yang menghubungkan langsung dengan perencanaan untuk tiap kebutuhan belajar anak;
  • (3) terdapat informasi yang mencantumkan tujuan dan sasaran;
  • (4) Worksheet juga berfungsi untuk mengizinkan guru melacak dan menunjukkan progress atau kemajuan untuk semua anak;
  • (5) Terdapat menu biodata anak untuk belajar menuliskan nama dana identitasnya, sebagai sarana untuk mengenali dirinya.

Gimana nih ayah bunda ? Udah mulai kebayang bentuk worksheetnya ?

Nah jangan keliyengan mikirin konsep dari worksheetnya nih..

Buat mempermudah ayah bunda mendampingi anak anak belajar menulis dirumah, kini ada terobosan baru loh, dari KelanaKids.com

KelanaKids lagi ngeluarin produk baru, terbaik deh pokonya buat Si Kecil yang masuk Play group .

Rekomendasi Worksheet Terbaik Untuk Playgroup

Produk Toddler Worksheet Vol. 01 pada Serial Worksheet pertamaku Mulai Usia 3 tahun dilengkapi dengan panduan kegiatan menarik garis dan membuat pola sederahana yang bisa menjadi kegiatan pra-menulis untuk anak usia dini, sehingga anak akan terlatih dari segi motorik dan kognitifnya.

Kelanakids.com adalah situs yang menyediakan media belajar anak-anak dalam bentuk worksheet dan printable anak baik fisik maupun digital.

Konsep printable worksheet dari kelanakids diharapkan bisa jadi solusi ayah bunda untuk memanfaatkan worksheet dengan praktis dan efisien bagi pendamping belajar anak, tapi juga menarik dan menyenangkan buat anak!

Produk KelanaKids yang hadir dalam bentuk worksheet dan printable selalu berusaha menyajikan materi yang dekat dengan kehidupan anak sehari-hari, dengan beragam nilai serta aspek yang didesain menarik dan menyenangkan untuk anak-anak. Kedua, melatihkan kebiasaan-kebiasaan baik yang merupakan proses pembentukan karakter anak.

Dan yang terakhir adalah tentang kehidupan, yang artinya tidak hanya fokus pada kemampuan akademis anak semata, namun mengedukasi tentang bagaimana cara merawat tubuh dan jiwa.

KELANA KIDS PAKET BUNDLING!

Produk Kelanakids kini juga hadir dengan serial Seri Toddler Worksheet (Worksheet Pertamaku) Mulai Usia 2 Tahun – 5 Tahun.

Ayah Bunda perlu memahami bahwa terdapat perbedaan kemampuan perkembangan anak sesuai dengan kategori rentang usianya. gimana Cocok banget kan buat Si Kecil yang sedang berada pada jenjang playgroup?

Rentang usia perkembangan anak pada usia play group (2-3) tahun memiliki karakteristik sangat aktif mengeksplorasi benda-benda yang ada di sekitarnya.

Kekuatan anak pada fase rentang usia ini meliputi kegiatan observasi yang tajam dan keinginan belajar yang luar biasa.

Kegiatan eksplorasi yang dilakukan kan kan oleh anak dapat berupa benda, mengenal kemampuan berbahasa, berbicara, dan mengembangkan emosi.

Perkembangan emosi anak sangat dipengaruhi dari lingkungan. Produk KelanaKids kini hadir dengan seri Toddler Worksheet (Worksheet Pertamaku) Mulai Usia 2 Tahun – 3 Tahun dengan menghadirkan fitur yang bisa mensupport berbagai kegiatan belajar seperti belajar menulis juga loh!.

Produk worksheet dan printable anak KelanaKids tersedia dalam bentuk produk fisik dan juga produk digital yang bisa dicetak berkali-kali untuk penggunaan pribadi. Lebih hemat, dan murah!

Klik untuk membeli Serial Worksheet Pertamaku Mulai Usia 3 Tahun

Tunggu apalagi ? Dapatkan Worksheet Terbaik Untuk Anak Playgroup disini Ya !

Sumber :

Dodge, D. T., Colker, L. J., & Heroman, C. (2001). The Creative Curriculum [R] for Preschool: Developmental Continuum Assessment ToolWorksheet for Ages 3-5. Teaching Strategies, Inc., PO Box 42243, Washington, DC 20015 (Item# C20130, Complete boxed set includes the Creative Curriculum, Teacher’s Guide, Goals and Objectives Poster, Class Summary Worksheet, Individual Child Profile (25), and Child Progress and Planning Report (75), $89.95).

Leave a Comment